Monday, October 3, 2016

10 Hal Wajib yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Kuliah

Dunia kuliah itu seperti apa sih? Pertanyaan seperti ini tentu seringkali terbersit di pikiranmu, terutama bagi kamu yang duduk di bangku SMA. Seperti apa teman baru yang akan kamu dapatkan di hari pertama, apa saja yang bisa  kamu lakukan bersama mereka di akhir pekan, seperti apa suasanya belajar di kampus impian, apakah sistem pembelajarannya menyenangkan, dan masih banyak lagi.
Jika saat ini kamu seudah menjadi siswa SMA tingkat akhir, berarti sekarang saatnya mempersiapkan diri untuk suasana sekolah yang luar biasa baru. Berikut ini 10 hal yang perlu kamu ketahui mengenai kuliah dan bagaimana menyesuaikannya.
  1. Cari informasi tentang universitas impian.
Bersikaplah pro-aktif saat menggali informasi dari situs universitas pilihanmu. Beberapa universitas membuka pendaftaran sebelum ujian nasional atau tes masuk perguruan tinggi dimulai. Tidak ingin menunggu tahun depan karena kamu kelewatan, kan? Jika situs tersebut tidak update informasi terbaru, hubungi melalui telepon atau alamat e-mail yang disediakan. Catat semua hasil penemuanmu, lalu urutkan sesuai tanggal. Apa saja yang harus kamu siapkan dan selesaikan dalam proses pendaftaran.
  1. Berteman dengan siapa saja
Saat memasuki tahun kuliah nanti, kamu tidak hanya bisa berteman dengan teman-teman satu tingkat, tapi juga dengan kakak kelas. Mereka tentu lebih berpengalaman tentang berbagai mata kuliah yang mungkin akan kamu ambil nanti, sehingga kamu bisa bertanya tentang tips dan trik untuk mempelajari mata kuliah tersebut, mengenal karakter dosen, dan meminjam buku mereka.
  1. Tampil rapi dan sopan
Meskipun universitas memang tidak membuat aturan berpenampilan seperti saat sekolah yang harus memakai seragam, namun bukan berarti kamu bisa cuek dengan penampilan. Justru kuliah adalah saatnya kamu sebagai mahasiswa untuk bisa berekspresi sesuai dengan gaya dan tren masa kini. Ingat, selain rapi dan sopan, perhatikan juga norma dan budaya lokasi universitasmu. Apakah gaya pilihanmu dapat dikategorikan sebagai pakaian yang sopan?
  1. Mudah beradaptasi
Berbeda dengan waktu di sekolah, saat kuliah kamu akan bertemu dengan rutinitas baru. Tentunya, selain tugas-tugas dan pelajaran baru, kamu juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi, terutama dengan jadwal kelas yang belum tentu sama setiap harinya. Persiapkan jadwal dengan baik sehingga kamu tidak ketinggalan kelas yang seharusnya kamu ikuti dan selalu produktif saat hadir di kelas.
  1. Aktif di organisasi universitas
Selain untuk mengasah kemampuanmu atau melakukan aktivitas yang menjadi hobimu, aktif di organisasi kampus juga bisa menambah teman dari berbagai jurusan. Namun, jangan terlampau aktif hingga melupakan kewajiban utama, ya. Tetap seimbangkan antara belajar dan belajar pengalaman baru.
  1. Jaga konsentrasi
Jangan menghabiskan seluruh waktu untuk media sosialmu. Terlalu bersemangat menjalani masa kuliah yang seru, kadang membuatmu lupa akan hal-hal yang lebih penting, misalnya deadline tugas, jadwal belajar, atau pertemuan dengan teman-teman komunitasmu.
  1. Cari teman baru
Hapus rasa malu saat ada orang lain yang duduk di sebelahmu. Mengapa tak menggunakannya sebagai kesempatan untuk meningkatkan percaya diri dan melatih kemampuan berkomunikasi dengan mengajaknya berkenalan?
  1. Optimalkan manfaat fasilitas
Banyak fasilitas gratis yang disediakan oleh hampir setiap kampus, misalnya konsultasi akademis, ruang belajar, perpustakaan, koneksi internet dan sepeda kampus. Gunakan sebaik-baiknya untuk menunjang prestasimu di kampus.
  1. Kalau bisa pinjam kenapa harus beli?
Kebutuhan buku kuliah tidak hanya bisa diatasi dengan membeli buku baru.  Carilah  pinjaman dari kakak kelas atau dari perpustakaan yang bisa dipinjam dalam periode tertentu. Belajar tetap lancar, dan kamu bisa berhemat.
  1. Simpan data tugas kuliah
Hanya mengandalkan memori di komputer atau laptopmu sepertinya bukan ide yang baik. Manfaatkan USB atau online back-up sharing seperti Google Drive. Ini akan saat bermanfaat saat komputer atau laptopmu bermasalah.
Tahun pertama kuliah akan sangat menyita waktu dan energimu. Namun, ini adalah momen berharga untuk menemukan pengalaman baru dan cita-cita. Selama kuliah, kamu akan banyak belajar tentang kepribadian dan pola pikir yang berbeda. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu menyeimbangkan waktu kuliah, berorganisasi dan bersenang-senang dengan teman.

No comments:

Post a Comment